SMK Negeri 1 Kalasan

Randugunting Tamanmartani Kalasan Sleman Yogyakarta Kode Pos: 55571

Motto: Kreatif, Mandiri, Berkarakter

Supervisi Pendampingan SMK CoE di SMKN 1 Kalasan Berjalan Lancar

Minggu, 15 Nopember 2020 ~ Oleh Sherly Malinda ~ Dilihat 46 Kali

Sleman- Proses Pembangunan fisik di SMK Negeri 1 Kalasan untuk Bantuan Fasilitasi SMK CoE sejauh ini berjalan dengan lancar dengan tahapan mendekati 50 %. Sesuai dengan jadwal yang telah ada dijuknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Sekolah Menengah Kejuruan Yang Dikembangkan Menjadi Pusat Keunggulan (Center Of Excellence) Sektor Hospitality maka akan dilakukan supervisi monitoring dan evaluasi dari Direktorat SMK yaitu pada bulan Oktober - November 2020. Supervisi monitoring dan evaluasi dari Direktorat SMK untuk SMKN 1 Kalasan dijadwalkan pada hari Sabtu tanggal 14 November 2020. Jadwal Supervisi bertepatan dengan kunjungan Bapak Dr. Ir. M. Bakrun, MM Direktur PSMK ke SMKN 1 Kalasan. Supervisi dilakukan oleh Bapak Medhi Alkibzi, S.IP untuk monitoring dan evaluasi sampai sejauh mana capaian yang telah dilakukan untuk pembangunan Fisik yang telah dilakukan oleh SMKN 1 Kalasan. Pembanguan fisik fasilitasi SMK CoE yang di programkan SMKN 1 Kalasan berupa pembanguan coffee shop, renovasi ruang Tata Hidang, dan renovasi ruang Pastry.

Dalam melakukan supervisi menurut Bapak Medhi, data yang diinformasikan harus sesuai dengan keadaan real bangunan yang telah dicapai, karena akan menjadi temuan dalam Supervisi jika data yang disampaikan tidak sesuai. Disampaikan juga oleh Bapak Mawardi, S.Pd. M.Psi selaku Ketua Tim Pembangunan CoE SMKN 1 Kalasan bahwa data yang disampaikan telah sesuai dengan pencapaian pembanguan fisik yang telah diselesaikan sampai saat dilakukan supervisi, " Kami menyampaikan data sesuai dengan kondisi real bangunan dan disesuaikan dengan seberapa persen anggaran yang telah dikeluarkan untuk pembangunan fisik yang telah dicapai " ujarnya. Supervisi monitoring juga dilakukan untuk Kegiatan SMK CoE yaitu Workshop Penyelarasan kurikulum SMK CoE, magang guru, Diklat/pelatihan guru, dan Pembelajaran SMK CoE yang telah dilakukan untuk mendukung penguatan pembelajaran SMK CoE. Sampai sejauh mana tahapan yang telah dilakukan untuk kegiatan CoE dijelaskan oleh waka Kurikulum SMKN 1 Kalasan Bapak Agus Suratno, S.Pd. Supervisi dilakukan kurang lebih selama 3 jam dan berjalan dengan lancar, dilanjutkan dengan memantau langsung ke lapangan oleh bapak medhi untuk melihat langsung kondisi bangunan.  

Tujuan supervisi yaitu monitoring dan evaluasi untuk mengetahui capaian keterlaksanaan dan permasalahan Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK yang dikembangkan menjadi pusat keunggulan (Center of Excellence) Prioritas Sektor Hospitality yang diterima oleh sekolah. Supervisi monitoring dan evaluasi juga dilakukan secara terkoordinasi oleh Direktorat SMK dengan melibatkan unsur yang terkait terhadap pelaksanaan kegiatan Bantuan SMK CoE. Waktu pelaksanaan Supervisi monitoring dan evaluasi dilaksanakan pada saat program/kegiatan sedang berlangsung. Hasil evaluasi akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan kandidat penerima bantuan pemerintah pengembangan pusat keunggulan (Center of Excellence) tahap berikutnya.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT